Tik Wall Clading Produksi Sumberbening

Mei 01, 2017
Tik Wall Clading (Pelapis Dinding) Desa Sumberbening. Foto-Pojokpitu

Salah satu hasil olahan produk kayu yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sumberbening, Kecamatan Bringin adalah Tik Wall Clading (Pelapis Dinding). Terbuat dari limbah bekas usaha kayu jati yang disulap menjadi bahan siap pakai untuk mempercantik dinding rumah.

Adalah Bambang, salah satu pengusaha di Sumberbening ini memulai usaha ini sejak tahun 2013. Awalnya digunakan untuk rumah sendiri, namun karena permintaan cukup banyak, Bambang memproduksi untuk dikirim ke luar Ngawi dan juga ada yang telah menembus pasar ekspor.

Proses pembuatan produk ini cukup sederhana namun perlu ketelatenan. Seperti dijelaskan oleh Bambang, tumpukan limbah kayu jati yang umumnya hanya dipakai sebagai bahan bakar oleh masyarakat setempat, satu persatu dilem diatas papan kayu menyesuaikan cetakan.

Potongan - potongan ini dirapikan dan dihaluskan agar rata dan selanjutnya dijemur langsung dibawah sinar matahari. Setelah kering, cetakan dilepaskan dan siap untuk digunakan/dikirim.

Untuk mempermudah pengiriman, setiap potongan tik wall clading ini dikemas dalam berbagai ukuran. Meski harus melalui tangan kedua, produk ini sudah mencapai pasar internasional dan sangat potensial, usahanyapun bertambah besar dengan jumlah pekerja mencapai 24 orang.

Sama seperti puluhan UKM berbasis kayu lainnya, pada umumnya kendalanya pada bidang pemasaran, sehingga bisa dilakukan pendampingan dan pembinaan untuk lebih mengoptimalkan hasil.

Share this

Desa Sumberbening berkomitmen untuk menyediakan media informasi yang lebih baik untuk Ngawi dan seluruh masyarakat.

Related Posts

Previous
Next Post »